Kamis, 03 Februari 2011

PERSENDIAN


Persendian atau sendi merupakan tempat bertemunya dua tulang atau lebih . Pertemuan dua tulang diikat oleh ligament agar tidak lepas .Ligamen adalah jaringan berbentuk pita yang tersusun dari serabut –serabut ikat .Pada ujung tulang yang bertemu dilapisi dengan tulang rawan (diskus) agar tidak cepat aus atau rusak .Selain ligament ,untuk mengikat antara tulang dan otot adalah tendon .
Sendi dapat dikelompokkan menjadi dua ,yaitu sendi yang dapat digerak kan dan sendi yang tidak dapat digerakkan sama sekali atau hanya memungkinkan terjadinya sedikit gerakan .Contoh sendi yang tidak dapat digerakkan ,yaitu pada tulang –tulang kepala kecuali  rahang bawah dan tulang-tulang belakang
Jenis-jenis sendi yang memungkinkan terjadinya suatu gerakan ,yaitu sbb:
jari merupakan sendi engsel
a.       Sendi engsel ,mempunyai gerak satu arah ,seperti engsel pintu ,misalnya sendi-sendi pada sikut ,lutut,dan jari
b.      Sendi geser /gulung ,yaitu satu bagian tulang bergerak menggeser tulang yang lain ,misalnya sendi-sendi pada pergelangan tangan dan kaki .Sendi inilah yang paling sering digunakan .
c.       Sendi putar ,ujung satu tulang berfungsi sebagai poros dan ujung tulang yang lain berbentuk cincin yang dapat berputar pada poros tersebut .Misalnya sendi yang terdapat diantara tumang tengkorak dengan tulang leher .
d.      Sendi pelana ,pertemuan dua tulang yang berbentuk seperti pelana .sendi ini memungkinkan gerakan dua arah ,yaitu muka belakang dan kesamping .Misalnya sendi yang terdapat pada pangkal ibu jari .
sendi tulang lengan atas merupkan sendi peluru
e.      Sendi peluru ,hubungan antara satu tulang yang mempunyai satu ujung bulat yang masuk ke ujung lain yang berongga seperti mangkok .Misalnya sendi antara tulang panggul dengan tulang paha  dan tulang lengan atas dengan tulang belikat. Dengan adanya sendi ,gerakan lebih mudah dilakukan .Disamping itu sendi juga berguna untuk melindungi rangka .








sumber : Nadiya Ulfa Muhsin IX-1

0 komentar: