Sabtu, 29 Januari 2011

MACAM-MACAM GERAK PADA TUMBUHAN


Tumbuhan seperti halnya hewan juga melakukan gerak untuk merespon rangsang yang memengaruhi kehidupannya . Gerak yang dilakukan oleh tumbuhan untuk merespon perubahan yang diterima dari lingkungannya di sebut iritabilitas .
Berdasarkan asal rangsangan dan jenis rangsangan yang memengaruhi tumbuhan ,gerak pada tumbuhan dapat dibedakan menjadi  tiga macam ,yaitu gerak autonom ,gerak esionom ,dan gerak higroskopis
A.      Gerak Autonom
 Mengapa disebut gerak autonom? Auto berarti sendiri .Gerak autonom yaitu gerak yang dipengaruhi oleh rangsang yang berasal dari dalam tubuh tumbuhan sendiri .Gerak autonom disebut juga dengan gerak endonom .

B.      Gerak Esionom
Gerak Esionom yaitu gerak yang dipengaruhi oleh rangsang yang berasal dariluar tubuh tumbuhan .berdasarkan arah geraknya ,gerak esionom dibedakan menjadi tiga macam ,yaitu tropisme ,nasty,dan taksis

1.       TROPISME
Tropisme yaitu gerak bagian tumbuhan menuju atau menjauhi rangsangan .gerak yang menuju arah rangsangan di sebut tropi positif ,sedangkan gerak yang menjauhi rangsangan di sebut tropi negative .berdasarkan jenis rangsangan gerak tropisme dibedakan menjadi empat macam ,yaitu hidrotropisme ,geotropism ,dan fototropisme .
a.       Hidrotropisme
Pernahkah kamu melihat gerak akar pada tempat yang berair ?Apakah akar tersebut menjauhi atau mendekati tempat air itu?Akar tersebut akan bergerak menuju ketempat yang berair .Gerak begian tumbuhan karena pengaruh air seperti pada akar tersebut disebut gerak hidrotropisme .
b.      Geotropisme
Geotropisme merupakan gerakan bagian tumbuhan karena pengaruh gaya tarik bumi (gravitasi bumi ).Apakah kamu mempunyai  pohon mangga atau belimbing? Coba kamu perhatikan,kearah mana tumbuhnya akar?Akar tersebut tumbuh dan bergerak menuju ke pusat bumi.itulah salah satu contoh gerak geotropisme .
c.       Tigmotropisme
Tigmotropisme merupakan gerak bagian tubuh tumbuhan karena pengaruh rangsang sentuhan (persinggungan ).gerak tigmotropisme disebut juga gerak haptotropisme .Gerak membelitnya atau membeloknya sulur kacang panjang dan mentimun seperti telah diceritakan diatas adalah contoh tigmotropisme .
 gerak bunga matahari menuju matahari termasuk gerak fototropisme
d.      Fototropisme
Gerak fototropisme yaitu bagian tubuh tumbuhan karena pengaruh rangsang cahaya .Gerak fototropisme disebut juga heliotropisme .
Bagaimanakah arah pertumbuhan ujung batang ?ujung batang suatu tanaman akan tumbuh kearah cahaya mata hari .apakah kamu pernah melihat bunga matahari ? coba kamu perhatikan kemana arah bungan matahari itu akan tumbuh .gerak batang dan gerak bunga matahari menuju kearah cahaya matahari merupakan contoh gerak fototropisme .

2.       Nasti
Nasti yaitu gerak bagian tubuh tumbuhan yang arah geraknya tidak dipengaruhi oleh arah datangnya rangsangan .Berdasarkan jenis rangsangan yang memengaruhi ,gerak nasti dibedakan menjadi seismonasti ,termonasti, niktinasti,dan nasty kompleks .
a.       Seismonasti
Gerak menutupnya daun putri malu setelah mendapat rangsangan sentuhan disebut gerak seismonasti.jadi ,gerak seismonasti yaitu gerak bagian tumbuhan karena pengaruh rangsang sentuhan atau getaran .
b.      Termonasti
Termonasti yaitu gerak bagian tubuh tumbuhan karena pengaruh rangsang perubahan suhu  lingkungan .pernahkah kamu mendengar bunga tulip?
Bunga tulip sangat cocok hidup di Negara belanda .gerak mengembangnya (mekarnya) bunga ntulip karena adanya kenaikan suhu lingkungan dan mengatupnya kembali bunga apabila suhu lingkunagn menurun merupakan salah satu contoh gerak termonasti
c.       Niktinasti
daun petai cina
Pernahkah kamu memerhatikan daun petai cina pada malam hari?jika kamu perhatikan dengan benar ,daun petai cina tersebut terlihat mengatup(menutup).gerak yang demikian merupakan salah satu contoh gerak niktinasti .Gerak niktinasti  merupakan gerak bagian tubuh tumbuhan karena pengaruh rangsanagn gelap.gerak ini disebut gerak tidur .
d.      Nasti Kompleks
Pada berbagai gerak nasty yang telah disebutkan diatas ,timbul nya gerakan hanya dipengaruhi oleh satu jenis rangsang .pada Nasti kompleks timbulnya gerakan dipengaruhi oleh lebih dari satu macam rangsangan .
Gerak membuka dan menutupnya stomata karena pengaruh cahaya matahari ,zat kimia ,dan air merupakan contoh gerak nasty kompleks .apakah rumah kamu mempunyai bungan pukul empat (mirabilis jalapa )? Megapa disebut bunga pukul empat?ternyata ,karena mekarnya bunga itu pada pukul empat .itu dipengaruhi oleh cahaya dan suhu. Dengan demikian ,gerak pada bunga pukul empat merupakan gerak nasty kompleks .

3.       Taksis
Gerak taksis merupakan gerak pindah tempat seluruh tubuh tumbuhan menuju atau menjauhi rangsangan .Apabila gerak tumbuhan menuju kearah rangsangan disebut taksis positif dan sebaliknya apabila gerak tumbuhan menjauhi rangsangan disebut taksis negative
Berdasarkan jenis rangsangan yang memngaruhi nya ,taksis dapat dibedakan menjadi fototaksis dan kemotaksis .
a.       Fototaksis
Bagaimana tumbuhan melakukan gerak fototaksis ? gerak fototaksis yaitu gerak pindah tempat seluruh bagian tubuh tumbuhan karena pengaruh rangsangan cahaya .beberapa contoh gerak fototaksis ,yaitu gerak kloroplas ke sisi sel yang memperoleh cahaya dan gerak spora kembara ke tempat yang bercahaya .
b.      Kemotaksis
Gerak kemotaksis yaitu gerak pindah tempat seluruh bagian tubuh tumbuhan karena pengaruh rangsang zat kimia .berikut ini dijelaskan beberapa contoh gerak kemotaksis ,antara lain sebagai berikut:
·         Gerak sel spermatozoid tumbuhan lumut dan tumbuhan paku karena pengaruh zat gula atau protein yang dihasilkan oleh arkegonium agar sel telur (ovum) yang direproduksi dapat dibuahi oleh selspermatozoid
·         Gerak bakteri Engelman ke pita kloroplas alga cladophora yang terkena cahaya karena pengaruh O2 yang dihasilkan oleh kloroplas melalui proses fotosintesis.

C.      Gerak higroskopis
Pecahnya buah lamtoro merupakan salah satu gerak higroskopis yaitu  gerak bagian tumbuhan karena pengaruh perubahan kadar air dalam sel sehingga terjadi pengerutan yang tidak merata .buah polong lain yang melakukan gerak higroskopis ,misalnya buah jarak  dan  kembang merak .
Contoh gerak higroskopis ,yaitu gerak membukanya sporangium (kotak spora) tumbuahn paku sebagai akibat berkerutnya sel-sel anulus

0 komentar: