Selasa, 01 Maret 2011

Manfaat bakteri dan kerugian bakteri


 Bakteri ada juga yang bermanfaatnya. Jangan berfikiran bahwa bakteri itu tidak berguna. Dan bakteri ada juga yang menyebabkan penyakit. Bakteri yang bermanfaat antara lain :
§       1. Lactobacillus casei, bakteri ini digunakan dalam pembuatan keju.
§      2. Streptococcus lactis dan S. cremoris, bakteri ini digunakan dalam pembuatan keju dan mentega.
§      3. Lactobacillus citrovorum, digunakan untuk memberi aroma pada mentega dan keju.
§      4. Bacillus brevis, menghasilkan antibiotic tirotrisin, bacillus subtilis menghasilkan antibiotic basitrasin, dan bacillus polymyxa menghasilkan polimixin.
§     5. Nitrosomunas, Nitrosococcus, dan Nitrobacter, berperan dalam proses penambahan kesuburan tanah (membentuk humus).
§      6.Acetobacter , penting dalam pembuatan asam cuka dan nata de coco.
§     7.Beberapa bakteri saprofit berperan dalam pembuatan biogas yang dimanfaatkan sebagai sumber energy alternatif.

Dalam hal ini kita juga dapat menduga bahwa bakteri itu ada juga kegunaanya dan ada juga yang menyebabkan penyakit. Bakteri yang menyebabkan penyakit antara lain :

§      1. Mycobacterium tuberculosis
Bakteri ini menyerang paru-paru dan menyebabkan penyakit TBC. Penularannya melalui udara, yaitu pernapasan karena percikan ludah saat bercakap-cakap, batuk, bersin, dan membuang dahak.
§     2.Treponema pertenue
Bakteri ini menyebabkan penyakit patek ( frambusia). Penyakit ini dimulai dengan timbulnya luka berbenjol- benjol pada tempat masuknya kuman, biasanya pada tungkai bawah.

§     3.Yersinia pestis
Bakteri ini menyerang manusia dan binatang pengerat ( rodentia) menyebabkan penyakit pes ( sampar ),. Sumber infeksinya adalah tikus liar dan binatang pengerat lainnya yang kebal terhadap penyakit ini. Bakteri ini menyebar melalui gigitan kuku tikus dari jenis Xenopsylla cheopis. Penularan dari manusia ke manusia dapat melalui kuku manusia.
§     4. Clostridium tetani
Bakteri ini menghasilkan toksin yang sangat kuat dan menyukai tempat-tempat lika yang kotor, dalam, dan tidak terbuka sebagai tempat hidupnya. Bakteri ini  menyebabkan tetanus dengan mas inkubasi antara 2-60 hari. Gejala yang ditimbulkan adalah nyeri kepala, gelisah, mudah terangsang, dan kejang-kejang.
§     5. Neisseria gonorrhoeae
Bakteri ini menyerang saluran kemih dan menyebabkan kencing nanah. Infeksi terjadi karena hubungan seksual, masa inkubasi antara 2-8 hari.
§     6.Bakteri penyebab penyakit kolera, tifus,dan paratifus, menyerang saluran pencernaan dan mudah menular. Penularannya melalui makanan dan minuman, serta bila terkena muntahan dan kotoran penderita.

Itulah manfaat dari bakteri dan kerugiannya yang ada dalam kehidupan kita sehari- hari. Jadi bakteri itu ada kerugiannya dan ada juga kegunaannya.
by: nadiya ulfa muhsin

0 komentar: